Tips aman membuka pintu mobil di pinggir jalan

Bike blog Car dooring or 006Citra Asri Buana ( Dealer Resmi Suzuki Indonesia ) - Sering kali keadaan mendesak memaksa kita untuk keluar dari dalam mobil disaat kondisi lalu lintas yang padat. Tidak hanya kendaraan pribadi, kendaraan umum pun demikian. Memang bukan sesuatu yang besar, namun ada beberapa hal yang harus kita ketahui jika ingin keluar atau masuk kendaraan. Sebab, hal sepele tersebut juga bisa mencelakakan kita maupun orang lain.

Seperti yang kita tahu jika pintu mobil pada umumnya akan membuka ke samping kanan atau kiri, lain halnya dengan mobil sport mewah yang bisanya pintu terbuka kearah atas. Karena alasan inilah maka saat pintu terbuka akan memakan sebagian badan jalan. Hal inilah tentunya yang dapat mencelakakan orang lain jika kita tidak hati-hati saat membuka tutup pintu mobil kendaraan. Jika hal ini terjadi selain akan berdampak kerusakan pada pintu mobil tentu kita pun akan bertanggung jawab terhadap cidera yang di alami orang lain. Untuk menghindari hal yang demikian ada baiknya kita simak tips berikut.

 

 

berhenti di area yang diizinkan

Meskipun dalam keadaan darurat atau mendesak usahakanlah untuk berhenti diarea yang diizinkan. Selain untuk keselamatan diri sendiri juga tidak akan mengganggu pengguna jalan lain. Berhentilah ditempat yang aman dan hindari berhenti di jalanan yang menikung. Sebab jarak pandang pengendara dari arah belakang akan terbatas karena jalanan yang berbelok. Pepetkan mobil ke pinggir jalan supaya tak ada motor menyalip dari celah sempit di kiri.

 

perhatikan keadaan sekitar

Sebelum membuka pintu selalu perhatikan kondisi disekitar mobil kita dan dari arah belakang. Sebelum membuka pintu lebar, Bukalah pintu sedikit saja. intip kembali via celah itu apakah ada bahaya dari belakang sebelum pintu dibuka lebar. Hal ini juga akan memberi tanda, jika kita ingin membuka pintu.

 

lakukan dengan cepat

Jika dirasa semua aman bukalah pintu lebar dan keluar dari mobil dalam waktu sesingkat mungkin, lalu tutup kembali. Jangan biarkan pintu terbuka lebar dalam waktu yang lama karena selain membahayakan orang lain juga beresiko terjadi pencurian barang-barang berharga di dalam kabin mobil.