Yang harus dilakukan bila mobil terjebak banjir

Musim hujan telah tiba dan banjir masih menjadi persoalan di kota-kota besar seperti Jakarta. Ketika mobil diparkir entah di garasi atau pinggir jalan kadang membuat Anda panik karena bisa saja terjebak di tengah banjir. Tapi tidak perlu panik, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan agar mobil tetap aman dan terhindar dari kerusakan yang cukup parah, sekalipun telah terendam banjir.

 

 

  grape-up  
  jangan nyalakan mesin  
 
  Ketika banjir sudah mencapai kap mesin mobil, tunggu air surut. Bila Anda memaksa menyalakan mesin akan menjadi pemicu kerusakan. Mulai dari korsleting di sistem kelistrikan hingga yang terparah oli tercemar air dan mengakibatkan mesin macet.  
 
  grape-down  

 

 

 

 

 

 

  grape-up  
  cek ecu  
 
  ECU mempunyai tugas utama mengatur sistem yang ada di mobil seperti pasokan udara, pasokan bahan bakar, kontrol kecepatan dan lain-lain tentu sangat rentan dengan konsleting akibat terkena air. Cek ECU mobil Anda karena bila terendam, sangat berbahaya dan bisa merusak komponen-komponen elektronik di dalamnya. Lebih baik panggil mobil derek, jangan paksa memutar kunci kontak dan menghidupkan mesin. Efeknya bisa membakar internal ECU akibat hubungan pendek.  
 
  grape-down  

 

 

 

 

 

 

  grape-up  
  periksa altenator  
 
 

Masih seputar kelistrikan, periksa alternator mobil atau dinamo ampere yang berfungsi sebagai sumber energi listrik 12 volt untuk mensuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat kendaraan hidup atau ketika mesin hidup. Peranti ini umumnya lebih dulu terendam air karena posisinya yang berada di bawah. Gunakanlah semprotan angin atau kompressor untuk menghilangkan sisa air yang tertinggal di dalam alternator.

 
 
  grape-down  

 

 

 

 

 

 

  grape-up  
  cek saluran udara mesin  
 
  Bila mobil sampai terendam, periksa saluran udara yang masuk ke intake manifold. Air yang terisap masuk ke ruang bakar bisa menyebabkan kerusakan internal mesin karena terjadinya waterhammer. Timing Belt putus Untuk dampak teringan jika terjadi waterhammer hingga yang lebih parah piston dapat bengkok atau bahkan head bisa sampai jebol.  
 
  grape-down  

 

 

 

 

 

 

  grape-up  
  periksa kondisi oli  
 
  Tidak kalah penting, cek kondisi oli. Pastikan tidak ada air yang meresap ke dalam sistem oli mesin. Bila oli dan air tercampur, kemampuan pelumasannya akan berkurang. Cara paling mudah mengetahui oli tercampur atau tidak yaitu jika oli biasa, baru atau bekas tidak tercampur air warnanya akan mengkilap. Tapi jika sudah tercampur air pasti kelihatan keruh seperti susu. Bila memang sudah tercampur air sangat diwajibkan untuk langsung lakukan pergantian seluruh oli di mobil.  
 
  grape-down  

 

 

 

Itu lah 5 tips yang bisa Anda lakukan sendiri ketika mobil terjebak dalam banjir. Pada intinya jangan panik dan jangan nekat untuk menghidupkan mesin bila melihat kondisi mobil yang terendam banjir. Cek seluruh bagian mesin untuk memastikan apakah masih bisa dihidupkan atau tidak dan segeralah ke bengkel resmi terdekat untuk pengecekan dan perbaikan.