Tips Saat Mobil Ditinggalkan Lama

car-in-the-garageMobil sejatinya merupakan alat transportasi dimana akan selalu kita gunakan setiap hari, karena memang mobil dirancang untuk membantu dan memudahkan mobilitas kita di kegiatan sehari-hari. Namun ada kalanya kita tidak menggunakan mobil tersebut dalam jangka waktu yang relatif lama.

Mungkin bagi sebagian kita cukup memarkir mobil di tempat aman dan terkunci, dirasa sudah cukup.Tetapi yang perlu diperhatikan Memarkir mobil dalam jangka waktu yang lama, ternyata memiliki risiko yang terkadang tidak terpikirkan. Ternyata komponen mesin penunjang bisa saja rusak. Bila hal ini sudah terjadi, mau tidak mau kita akan mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki komponen tersebut agar kembali normal. Untuk itu, sangat perlu diperhatikan dengan seksama akan kemungkinan yang terjadi.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat harus meninggalkan mobil diwaktu yang lama?

 

 Tips Saat Mobil Ditinggalkan Lama : 

  Rem tangan   
 
  handrem Tips yang pertama yaitu jangan tarik rem tangan dan biarkan mobil dalam keadaan bebas. Karena bila menggunakan rem tangan lalu meninggalkannya dalam waktu yang lama, ada kemungkinan akan ada kelengketan antara minyak rem dan disk brake. Terutama akan sangat berimbas besar pada mobil-mobil yang menggunakan sistem rem tromol. Untuk itu, kita bisa mengakalinya dengan memberikan ganjalan pada setiap roda untuk menjaga posisi mobil pada tempatnya dan pastikan mobil tidak bergerak sebelum meninggalkan.  
 
     

sparator

  wiper   
 
  wiper Tips yang kedua yaitu, mengganjal karet pada wiper agar tidak menyentuh langsung permukaan kaca. Anda bisa mengganjalnya dengan apa pun asalkan tidak membuat kerusakan pada kaca dan wipernya sendiri. Hal ini dilakukan Karena, jika wiper dibiarkan tetap menempel pada kaca mobil, karet wiper bisa saja akan mengeras dan malah dapat membuat baret pada kaca mobil bila digunakan.  
 
     

sparator

  aki   
 
  aki Untuk Tips yang terakhir yaitu Lepaskan kabel yang terhubung pada batrei atau aki. Ini berfungsi untuk membuat aki agar lebih awet. Jika mobil ditinggal dalam waktu yang cukup lama misalkan 2 mingguan atau lebih, memang ada kemungkinan bisa saja aki akan tekor karena mesin tidak dipanasi. Dimana fungsi saat mesin bekerja dapat secara otomatis akan mencharge Aki. Namun Jika mesin tidak digunakan maka Aki tidak tersuply listrik dari mesin sehingga akan lebih baik jika kabel-kabelnya dilepaskan dari kutup. Untuk menjaga aki tidak mengeluarkan arus listrik meskipun mobil tidak digunakan.  
 
     

sparator

Sumber